A. Hal Umum
1. Bagaimana cara menghubungi Customer Service RealPOINT?
Berikut adalah informasi kontak Customer Service RealPOINT.
Telepon: 021 5292 0117
Email: cs.jabar@mail.jaringretailindonesia.com, cs.jatim@mail.jaringretailindonesia.com, cs.jakarta@mail.jaringretailindonesia.com, cs.bali@mail.jaringretailindonesia.com.
B. Hal yang Berhubungan dengan Anggota RealPOINT
1. Bagaimana cara mengakses akun eWallet saya?
Anda dapat mengakses eWallet dengan mengarahkan Internet Browser Anda ke http://jaringritel.net. Isi no ID RealPOINT dan PIN sesuai dengan data yang telah diberikan lewat SMS pada waktu Anda bergabung, lalu klik tombol Login
2. Perangkat apa saja yang saya butuhkan agar dapat mengakses eWallet?
eWallet adalah sebuah halaman WEB yang sama bentuknya seperti facebook, gmail, atau yahoo mail. Jadi jika Anda sudah memiliki komputer yang dapat Anda pakai untuk mengakses facebook berarti komputer Anda juga dapat mengakses eWallet. Adapun persyaratan formal adalah sebagai berikut
Windows | Mac | Linux | |
Sistem operasi | Windows XP Service Pack 2 + Windows Vista Windows 7 | Mac OS X 10.5.6 atau yang lebih baru | Ubuntu 8.04 atau yang lebih baru Debian 5 OpenSuse 11.1 Fedora Linux 10 |
Processor | Intel Pentium 4 atau yang lebih baru | Intel | Intel Pentium 3 / Athlon 64 atau yang lebih baru |
Ruang disk | 100 MB | ||
RAM | 128 MB | ||
Penjelajah Internet | |||
Koneksi Internet | Telkom speedy paket Socialia / IM2 POSTPAID PRIME YOU! / Indosat BROOM Classic / Flash Unlimited Advance |
3. Bisakah saya mengakses eWallet lewat Warnet?
Bisa walaupun tidak dianjurkan silakan baca Point: Bagaimana menjaga keamananan transaksi eWallet saya?
4. Dapatkah saya mengakses eWallet dengan handphone?
Handphone Anda perlu mendukung Javascript dan lolos acid3 test dengan skor di atas 90. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengarahkan penjelajah internet dalam handphone Anda ke http://acid3.acidtests.org/. Bila Handphone Anda mendukung, seharusnya Anda melihat tampilan 6 kotak warna-warni dengan teks skor di atas 90. Walaupun handphone Anda mendukung, Anda tidak dianjurkan untuk melakukan transaksi penting menggunakan handpone. Saat ini Handphone(atau Smart device) yang mendukung adalah Blackberry Torch, Iphone 4, Ipad, dan Android versi Éclair atau yang lebih baru.
5. Apa yang perlu saya lakukan setelah menerima SMS konfirmasi bahwa Member RealPOINT saya sudah aktif?
Sistem iSHARC yang baru otomatis mengaktifkan akun eWallet Anda pada saat pendaftaran, sehingga setelah menerima pesan SMS aktifasi ini, Anda tidak perlu membalasnya. Simpanlah data ID dan PIN Anda di tempat yang aman, sehingga hanya Anda yang mengetahui PIN Anda. Kemudian, cobalah akses akun eWallet Anda dengan ID dan PIN yang telah diberikan. Cara akses akun eWallet lihat di: Bagaimana cara mengakses akun eWallet saya?
6. Bagaimana cara mengetahui bahwa X sudah masuk dalam jaringan saya dan mengetahui nomor IDnya?
Ada dua Cara untuk mengetahuinya yaitu sbb.
a) Memantau lewat aktifitas grup melalui menu Aktifitas Grup -- Aktifitas
Hal ini dapat Anda lakukan, jika anggota baru saja bergabung. Klik Menu Aktifitas Grup kemudian Klik Tab Aktifitas. Di Tab Aktifitas Anda dapat melihat informasi: “X bergabung menjadi anggota JaringRitel dalam grup Anda”. Informasi ini tidak permanen, dan akan tertimpa bila ada aktifitas-aktifitas dalam grup Anda yang lebih baru.
b) Memantau lewat pohon jaringan Anda melalui menu Omset & Point -- Info Jaringan
Klik Menu Omset & Point, kemudian Klik Tab Info Jaringan. Jika X Frontline Anda, maka namanya akan langsung terlihat. Bila X adalah downline Anda di kedalaman, maka Anda perlu menelusuri pohon jaringan Anda dengan mengklik tanda Panah “>” di samping kiri nama downline Anda yang telah terlihat. Setelah menemukan nama downline Anda, klik namanya untuk mengetahui informasi No ID RealPOINT dan berbagai info identitas lainnya.
7. Saya sudah daftar sebagai anggota RealPOINT, tapi saya belum mendapatkan ID dan PIN eWallet saya. Bagaimana solusinya?
Cara termudah adalah menghubungi Upline terdekat Anda yang sudah berhasil masuk ke akun eWalletnya. Minta tolong Upline Anda untuk menelusuri pohon jaringannya (untuk Upline baca: Memantau lewat pohon jaringan Anda melalui menu Omset & Point -- Info Jaringan). Setelah nama Anda ditemukan dalam pohon jaringannya, catatlah no ID RealPOINT Anda. Langkah selanjutnya adalah mengunjungi HomeDP Anda untuk melakukan Reaktifasi dan Reset PIN. Setelah Reset PIN, Anda akan menerima ID dan PIN Anda yang baru.
8. Bagaimana caranya untuk mengubah data profil saya seperti nama, no handphone, alamat, No KTP, rekening bank atau Home DP saya?
Perubahan No KTP, Alamat, No HP, Email, dan Messeger Id, dan rekeining bank dapat Anda ubah sendiri melalui eWallet Anda. Caranya Klik menu Profil, kemudian klik link Edit. Perubahan Nama hanya bisa dilakukan lewat DP. Informasi HomeDP Anda dapat diubah dengan menghubungi Customer Service RealPOINT.
9. Nama saya di Akun eWallet tidak sama dengan nama di KTP dan akun Bank, apakah menjadi masalah?
Nama yang terdaftar sebagai anggota RealPOINT harus sama dengan nama di KTP maupun di akun bank Anda. Anda dapat mencairkan point ke Bank, jika Nama Anda sesuai dengan akun Bank Anda. Anda berhak memperoleh SHU dari Koperasi jika nama anda sesuai dengan KTP Anda. Jika belum sesuai segera ubah nama Anda, caranya baca point: Bagaimana caranya untuk mengubah data profil saya seperti nama, no handphone, alamat, No KTP, rekening bank atau Home DP saya?
10. Saya ingin mengganti sponsor saya, Bagaimana caranya ?
Anda tidak bisa mengganti sponsor Anda. Garis sponsorisasi Anda bersifat permanen dan kekal selama-lamanya sampai akhir zaman.
11. PIN Saya hilang, bagaimana solusinya?
Kunjungi HomeDP atau DP terdekat, bawa KTP, dan minta DP Anda untuk mereset PIN Anda.
12. Nomor telepon seluler yang saya pakai untuk mendaftar menjadi Anggota RealPOINT hilang, apa yang harus saya lakukan?
Nomor telepon ini berhubungan dengan keamanan transaksi Anda di eWallet, jadi Anda perlu mengganti segera informasi nomor telepon di Profil Anda yang terimapan di database RealPOINT. Cara merubah nomor telepom dapat anda baca pada solusi pertanyaan “ Bagaimana caranya untuk mengubah data profil saya seperti nama, no handphone, alamat, No KTP, rekening bank atau Home DP saya? ". Setelah nomor telepon dirubah, segera kunjungi DP terdekat untuk me-RESET PIN Anda.
13. Bagaimana melakukan Penambahan (Top Up) Point ke eWallet saya?
Kunjungi Distribution Center yang telah ditunjuk RealPOINT untuk melakukan penambahan Point ke akun eWallet anda. Hubungi Upline Anda atau Customer Service RealPOINT untuk mengetahuinya.
14. Bagaimana cara bergabung menjadi anggota Koperasi Ekonomi Rakyat Nusantara (KERaN) melalui eWallet?
Pastikan Anda mempunyai Point Terkonfirmasi minimal 200.000 Point dalam akun eWallet Anda. Bila point Anda tidak mencukupi, Anda perlu melakukan Penambahan Point, baca solusi untuk pertanyaan: Bagaimana melakukan Penambahan (Top Up) Point ke eWallet saya?.
Setelah Point Anda cukup, masuk ke akun eWallet Anda lalu lakukan langkah berikut.
1. Klik menu Keanggotaan
2. kemudian Klik Tombol Gabung Anggota Koperasi
3. Masukkan No NIK yang tercantum pada KTP Anda dan centang Ya, Saya setuju dengan semua ketentuan…, dan Klik Tombol Ambil.
4. Tunggu sampai transaksi rampung, dan pesan berhasilnya transaksi keluar.
15. Bagaimana cara membeli unit bisnis melalui eWallet?
Unit Bisnis hanya dapat dibeli oleh anggota RealPOINT yang telah bergabung sebagai anggota Koperasi Ekonomi Rakyat Nusantara (KERaN). Untuk dapat bergabung menjadi anggota koperasi silakan baca: Bagaimana cara bergabung menjadi anggota Koperasi Ekonomi Rakyat Nusantara (KERaN) melalui eWallet?.
Pastikan Anda mempunyai Point Terkonfirmasi yang cukup dalam akun eWallet Anda. Besarnya Point tergantung dari banyaknya unit modal yang ingin Anda investasikan di Unit Bisnis yang Anda pilih. Satu unit modal besarnya adalah 200.000 Point (setara Rp 1.000.000,-). Contoh bila Anda ingin membeli unit bisnis untuk Produksi Alat Bantu Pengembangan RealPOINT sebanyak 2 Unit Modal dan Produksi Produk Eksklusif RealPOINT sebanyak 1 unit modal berarti Anda perlu mempunyai Point minimal sebanyak 600.000Point ( 2x200.000 + 1x200.000). Bila point Anda tidak mencukupi, Anda perlu melakukan Penambahan Point, baca solusi untuk pertanyaan: Bagaimana melakukan Penambahan (Top Up) Point ke eWallet saya?.
Seteleah Anda bergabung sebagai anggota Koperasi dan Point Anda sudah cukup, login ke akun eWallet Anda, lakukan langkah sbb.
1. Klik menu Daftar Peluang
2. klik tombol Ambil di kotak unit bisnis yang ingin Anda beli.
3. Masukkan jumlah Unit yang Anda inginkan, kemudian klik tombol Ambil.
4. Centang Ya, Saya setuju dengan semua ketentuan pembelian unit bisnis interbiz. Klik Tombol Ambil.
5. Setelah menekan Tombol Ambil, tunggu sampai proses transaksi selesai dilakukan, dan Anda menerima konfirmasai berhasilnya transaksi pembelian unit Bisnis. Jangan menekan Tombol Refresh pada browser Anda, selama transaksi berlangsung. Portofolio unit bisnis anda dapat Anda lihat dengan meng-klik tombol Unit Bisnis Anda.
16. Kapan saya mendapatkan Bonus?
Bonus yang Anda dapatkan berupa Point. Point yang dimaksud adalah Point Terkonfirmasi yang masuk dalam akun eWallet Anda. Ada Point yang dapat anda dapatkan secara langsung, ada Point yang Anda dapatkan setelah Tutup Buku, ada pula Point yang akan Anda dapatkan setelah periode tertentu
a) Point yang dapat Anda dapatkan secara langsung.
1. Bonus Introduksi / Bonus Pengenalan. Besarnya 6.000 Pts (~ Rp 30.000,-) yang diberikan secara instan (real-time) di eWallet begitu ybs dicantumkan sebagai pemberi referensi dalam pendaftaran pelanggan baru (membeli Business Pack) di sistem iSHARC.
2. Sponsor dari anggota yang membeli unit bisnis akan mendapat premi sponsorship (bonus mentoring) sebesar 10% dari jumlah modal yang ditempatkan (Rp100.000,- dari tiap satu juta rupiah).
b) Point yang Anda dapatkan setelah Tutup Buku .
1. Bonus Kedalaman, menggunakan sistem unilevel, didapat dari penjualan Business Pack dari kedalaman. Prasyarat: sudah menjadi anggota koperasi. *1 dapat memperoleh hingga 3 level kedalaman, sementara *2/lebih tinggi dapat memperoleh hingga 6 level kedalaman. Besarnya bonus sbb.: Lv.1 (cucu) @ Rp 8.000,- / Lv.2 @ Rp 7.500,- / Lv.3 @ Rp 2.500,- / Lv.4 @ Rp 1.250,- / Lv.5 @ Rp 500,- / Lv. 6 @ Rp 250,- (berlaku dynamic compress system).
2. Komisi pemasaran produk kebutuhan sehari-hari (rencana kompensasi reguler) dengan persentase terhadap PV sesuai jumlah persentase point di setiap peringkat mulai dari peringkat kita (n) sampai peringkat downline berperingkat n-1. Potensi penghasilan untuk peringkat *8 bisa mencapai hampir 100 juta rupiah (duplikasi hanya 5 jalur non-break).
3. Sebagian keuntungan produksi L.E.A.P. dialokasikan untuk dana subsidi pendidikan bagi *4 ke atas: *4=Rp65.000,- / *5=Rp150.000,- / *6=Rp250.000,- / *7=Rp750.000,- / *8=Rp1,5 Juta. Maksud dari subsidi pendidikan ini untuk menggantikan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan & pelatihan berkelanjutan bagi leader-leader (terutamadi level tengah) tanpa mengganggu arus kas normalnya.
4. Pemimpin group dari anggota yang membeli unit bisnis akan mendapat premi mentoring sebesar total 10% dari jumlah modal yang ditempatkan dengan perincian sesuai peringkat (berlaku breakway) sbb.: *4=2% / *5=2% / *6=3% / *7=1% / *8=1% / Direktur=1% (sharing point-proporsional).
5. Pada saat terjadi pemindahan tahap 2 (memindahkan merk dari merk umum ke merk private RealPOINT), bonus dihitung dengan cara berbeda (sesuai plan SUKa dengan tetap mengacu pada peringkat dan prasyarat yang sama) dengan skala total margin 5,4 kali lebih besar. Detail perhitungan sbb. (persentase mengacu pada PV => Pts): *2=830% / *3=330% / *4=330% / *5=170% / *6=110%, *7=70%, *8=50%. Catatan: sesuai hukum untuk *2 dapat menerima bonus ini harus sudah terdaftar sebagai anggota koperasi.
c) Point yang Anda dapatkan setelah periode tertentu.
1. Pembagian SHU sesuai aturan koperasi, dilakukan setahun sekali pada RAT (Rapat Anggota Tahunan)
2. Setiap pemilik unit bisnis akan mendapat deviden secara proporsional dari jumlah unit bisnis yang dimiliki terhadap total unit dalam bisnis tersebut (sistem bagi hasil).
3. Sisa laba yang belum ditetapkan di sistem kompensasi menjadi laba yang dibagikan secara point-proporsional untuk pemimpin di peringkat Direktur (memiliki minimal 5 jalur *8).
17. Bagaimana cara Mencairkan Point eWallet saya?
Cara mencairkan point (bonus):
Masuk eWallet, pilih menu [Pencairan Point -- Kirim ke Bank Anda], masukkan jumlah point yang akan dicairkan (minimal 20,000 Pts atau setara Rp100.000,-), lalu klik tombol OK.
Catatan: Pastikan nomor rekening bank sudah Anda masukkan dengan benar (bila belum Anda masukkan, isikan lewat menu [Profil] di bagian [Rekening Bank]. Harap diperhatikan bahwa nama pemegang rekening harus sama persis dengan nama yang terdaftar di eWallet. Sesuai SOP, pencairan paling lama harus diselesaikan manajemen dalam waktu 3 hari kerja.
Masuk eWallet, pilih menu [Pencairan Point -- Kirim ke Bank Anda], masukkan jumlah point yang akan dicairkan (minimal 20,000 Pts atau setara Rp100.000,-), lalu klik tombol OK.
Catatan: Pastikan nomor rekening bank sudah Anda masukkan dengan benar (bila belum Anda masukkan, isikan lewat menu [Profil] di bagian [Rekening Bank]. Harap diperhatikan bahwa nama pemegang rekening harus sama persis dengan nama yang terdaftar di eWallet. Sesuai SOP, pencairan paling lama harus diselesaikan manajemen dalam waktu 3 hari kerja.
18. Point di eWallet terbagi menjadi dua Komponen, Point Terkonfirmasi dan Potensi Point, apa maksudnya?
19. Bagaimana menjaga keamananan transaksi eWallet saya?
Hal-hal penunjang kenyamanan dan keamanan proses transaksi melalui eWallet:
1. Pengguna direkomendasikan memakai browser Google Chrome versi terbaru. Browser Google Chrome dapat Anda unduh gratis di http://www.google.com/chrome
2. Jangan menekan Tombol Refresh pada saat transaksi sedang terjadi. Tunggu sampai transaksi rampung, ditandai dengan keluarnya pesan sukses/gagalnya transaksi.
3. Segeralah logout (klik menu Keluar dari Sistem) setelah Anda selesai menggunakan eWallet. Jangan biarkan akun eWallet Anda terbuka tanpa supervisi Anda.
4. Lebih aman mengakses di komputer pribadi, dibanding di warnet. Jika terpaksa membuka di Warnet, pastikan Anda logout setelah selesai selesai mengakses eWallet Anda.
5. Hindari menggunakan menggunakan Anonymous Proxy
C. Hal yang Berhubungan dengan Distribution Point
1. Perangkat lunak apa saja yang saya dapatkan bila saya terdaftar sebagai DP?
Anda akan mendapatkan program aplikasi iSHARC2 dan Console eWallet DP. iSHARC2 adalah program aplikasi Windows dan Console eWallet DP adalah halaman WEB yang dapat diakses melalui aplikasi penjelah Internet Google Chrome.
2. Apa Fungsi iSHARC2?
Fungsi iSHARC2 adalah sbb.
1. Mendaftarkan Pelanggan Anggota RealPOINT Baru ke Sistem server iSHARC.
2. Manajemen inventori produk ritel dan ekslusif RealPOINT
3. Sebagai sistem pembelian produk ritel dan ekslusif RealPOINT
4. Sebagai sistem penjualan produk ritel dan eksklusif RealPOINT ke anggota RealPOINT dan ke masyarakat umum
3. Apa Fungsi Console eWallet DP
Fungsi Console eWallet DP adalah sbb.
1. Melakukan edit profile pelanggan RealPOINT. Hal ini meliputi perubahan nama, no handphonem, dan identitas lainnya.
2. Melakukan Reset PIN sehingga informasi ID dan PIN anggota RealPOINT dikirimkan lewat SMS.
3. Reaktivasi pelanggan RealPOINT yang menggantung.
4. Perangkat apa saja yang saya butuhkan untuk dapat mengoperasikan iSHARC2 dan Console eWallet DP?
Aplikasi iSHARC2 dapat beroperasi dengan menggunakan sistem operasi Windows XP SP2. iSHARC2 dapat beoperasi di Windows dengan versi yang lebih baru, tetapi ada degradasi performa dan beberapa tampilan yang hilang/rusak. Kebutuhan yang lain sama seperti solusi di point: Perangkat apa saja yang saya butuhkan agar dapat mengakses eWallet?
5. Bagaimana cara mengunduh iSHARC2?
iSHARC2 dapat diunduh ke http://bulk.jaringritel.com/downloadisharc2.php. Isi ID DP/DC pada kolom ClientID dan isikan PIN pada kolom PIN. Setelah itu Click tombol Download. Bila ID dan PIN yang Anda masukkan benar, browser Anda akan mengunduh iSharcClientInstall.exe. Eksekusi iSharcClientInstall.exe setelah selesai diunduh. Progam iSharcClientInstall.exe akan otomatis mengunduh program-program iSHARC yang dibutuhkan.
6. Dimanakah folder iSHARC2 di install dan bagaimana cara menjalankannya?
iSHARC2 tersimpan di komputer Anda di folder C:\iSHARC. Untuk menjalankan program iSHARC, eksekusi file iSHARC.exe. Jika berhasil Anda akan melihat panel kuning di layar komputer Anda seperti berikut ini.
Klik “D.P.” untuk masuk ke program Distribution Point iSHARC, atau klik “D.C.” untuk masuk ke program Distribution Center iSHARC.
7. Bagaimana cara memesan Business Pack lewat iSHARC?
a) Ketentuan dan Syarat Pemesanan Business Pack.
· Pemesanan Business Pack berguna untuk menambah stok Business Pack Anda. Dengan mempunyai stok Business Pack, Anda dapat melakukan pendaftaran anggota RealPOINT.
· Pembelian Business Pack ini bersifat indent (barang akan dikirimkan menyusul).
· Manajemen RealPOINT akan otomatis memantau pemesanan indent Business Pack Anda.
· Pembelian Business Pack oleh DP, dilakukan dalam satuan set. 1 (satu) set terdiri dari 5 (lima) Business Pack.
· Syarat yang diperlukan agar Anda dapat memesan Business Pack adalah Anda memiliki kredit aktif yang besarnya cukup untuk membeli 5 (lima) business Pack atau sebesar Rp727.500 (5 X Rp145.500).
b) Langkah Pemesanan Business Pack melalui iSHARC
1. Jalankan program Distribution Point iSHARC, caranya lihat di Dimanakah folder iSHARC2 di install dan bagaimana cara menjalankannya?
2. Login sesuai ID dan PIN Anda.
3. Klik Menu Pembelian kemudian klik Gambar di samping kiri “Pesan Business Pack”.
4. Masukkan jumlah set Anda ingin memesan Business Pack, centang “Saya setuju bahwa pemesanan ini tidak dapat dibatalkan”, kemudian klik tombol “Buat P.O”
5. Klik “Yes” pada box konfirmasi berikut.
6. Jika berhasil maka akan terlihat pesab bahwa pembelian Anda telah dibukukan, seperti gambar di bawah ini.
7. Anda dapat melihat pembukuan pemesanan Business Pack Anda di menu Inventori > Lihat Daftar Inventori. Anda juga dapat melihat jumlah Business Pack yang tersisa untuk dapat mendaftarkan anggota RealPOINT baru di menu Administrasi > Pendaftaran Pelanggan Baru.
8. Bagaimana cara mendaftarkan anggota RealPOINT baru lewat iSHARC?
a) Ketentuan dan Syarat Pendaftaran Anggota RealPOINT Baru
· Anda perlu mempunyai stok business Pack untuk dapat mendaftarkan anggota baru. Jika belum, ikuti petunjuk: Bagaimana cara memesan Business Pack lewat iSHARC?
· Nomor ID Anggota baru ditentukkan secara otomatis oleh sistem iSHARC pusat, dan akan diketahui setelah pendaftaran sukses dilakukan.
· Calon anggota wajib mempunyai Referrer ID (ID sponsor) yang valid.
· Calon anggota perlu mempunyai no telepon yang dapat menerima SMS dari sistem iSHARC untu pengaktifan akun eWalletnya.
· Referrer ID bersifat permanen. Kesalahan memasukkan Referrer ID tidak dapat diralat, dan menjadi tanggung jawab DP.
b) Langkah-langkah Pendaftaran Anggota RealPOINT Baru.
1. Klik menu Administrasi > Pendaftaran Pelanggan Baru.
2. Jika Anda tidak mempunyai stok Business Pack maka akan muncul pesan “Jumlah Pesanan Business Pack Tidak Mencukupi”. Anda perlu memesan Business Pack terlebih dahulu, caranya dapat dibaca di Bagaimana cara memesan Business Pack lewat iSHARC?
3. Jika stok business pack anda cukup, maka menu pengisian identitas kelengkapan Calon Anggota akan muncul.
4. Isi Referrer ID calon Anggota dengan nomor ID Sponsor, lalu klik tombol “Cek ID”. Jika Referrer ID yang dimasukkan valid, maka nama Sponsor calon anggota akan muncul. Pastikan nama tersebut adalah nama sponsor yang benar.
5. Isi Nama Pelanggan, Alamat, Nomor HP, email (bila ada, bila tidak ada centan “Belum punya eMail”). Bila Informasi yang Anda isikan sudah lengkap, maka tombol “Daftarkan” akan muncul. Klik tombol “Daftarkan”.
6. Bila proses pendaftaran berhasil maka pesan konfirmasi berhasilnya pendaftaran akan muncul. Dalam waktu maksimal 60 menit setelah pendaftaran, anggota akan mendapatkan SMS pengaktifan akun eWalletnya.
9. Bagaimana cara menghapus program iSHARC2?
Anda perlu keluar dari program iSHARC, setelah itu hapus semua file dan folder di dalam folder C:\iSHARC kecuali file pelanggan.cache.
10. Bagaimana cara memperbaharui program iSHARC2 saya?
iSHARC2 dilengkapi dengan kemampuan pembaharuan dan perbaikan otomatis apabila program iSHARC DP atau DC sudah usang atau rusak. Caranya cukup sederhana, tinggal jalankan program iSHARC.exe di dalam folder C:\iSHARC,maka pembaharuan dan perbaikan akan dilakukan secara otomatis bila diperlukan. Namun bisa terjadi program pembaharuan otomatisnya juga terkorupsi, sehingga langkah pembaharuan otomatis tidak bisa dilakukan. Bila hal ini terjadi lakukan solusi pada pertanyaan: Bagaimana cara install ulang iSHARC2?
11. Bagaimana cara install ulang iSHARC2?
Hapus iSHARC2 (baca: Bagaimana cara menghapus program iSHARC2?) lalu unduh kembali iSHARC2 (baca: Bagaimana cara mengunduh iSHARC2?).
12. Mengapa saya mendapatkan peringatan dari program AntiVirus, bahwa program pengunduh iSHARC (iSHARCClientInstall.exe) adalah Virus?
iSHARCClientInstall.exe sengaja dibuat dengan ukuran kecil dan mampu menghubungkan dirinya dengan internet untuk mengunduh program iSHARC yang sebenernya. Karena ukurannya yang sangat kecil dan kemampuan tersebut maka seringkali iSHARCClientInstall.exe dianggap virus. Solusi: matikan sementara antivirus Anda, atau ganti dengan Free Avast AntiVirus.
13. Mengapa saya mendapatkan pesan menunggu sambungan koneksi internet pada saat menjalankan iSHARC.exe, padahal komputer saya sudah terhubung ke Internet?
Anda perlu melakukan install ulang ISHARC2, baca point: Bagaimana cara install ulang iSHARC2?
14. Bagaimana cara mengakses Console eWallet DP?
Cara mengaksesnya mirip seperti akses eWallet. Kunjungi WEB www.jaringritel.net, kemudian masukkan ID DP anda diawali dengan 1002 dan isi PINnya sesuai dengan 8 digit PIN DP Anda. Contoh, misalkan ID DP anda adalah 12345678, maka Anda login dengan memasukkan ID: 1002-1234-5678. Bila proses autentikasi berhasil, maka seharusnya Anda akan melihat tambilan sebagai berikut.
15. Dapatkah saya melakukan edit profil, reset PIN, dan Reaktifasi anggota RealPOINT yang ID HomeDPnya berbeda dengan DP saya?
Untuk edit profil dan Reset PIN bisa dilakukan di DP manapun. Untuk Reaktivasi harus dilakukan di HomeDP masing-masing.
16. Syarat apa yang perlu anggota RealPOINT penuhi agar Anda dapat melakukan edit profil dan reset PIN.
Edit Profil dan Reset PIN menyangkut keamanan transaksi anggota RealPOINT, oleh karena itu operasi ini harus dilakukan oleh anggota yang bersangkutan secaara langsung, dengan membawa foto kopi KTP dan menandatangani formulir Edit Profil dan Reset PIN yang dapat Anda buat sendiri. Anda sebagai DP bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pemohon adalah orang yang sebenarnya, pemilik dari ID RealPOINT yang akan di edit profilnya atau di Reset PINnya.
17. Bagaimana saya melakukan Reset PIN?
Operasi ini berguna untuk mengirimkan data ID dan PIN baru Anggota RealPOINT melalui SMS ke nomor handphone Anggota RealPOINT.
Lakukan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Baca terlebih dulu tentang: Syarat apa yang perlu anggota RealPOINT penuhi agar Anda dapat melakukan edit profil dan reset PIN.
2. Masuk (Login) ke Console eWallet DP Anda, caranya dapat anda baca di: Bagaimana cara mengakses Console eWallet DP?
3. Klik Menu Reset PIN, centang checkmark: “Ya, Saya bertanggung jawab bahwa operasi ini benar dilakukan Anggota JaringRitel yang identitasnya sudah Saya verifikasi kebenarannya.”, isi no ID Anggota RealPOINT, kemudian klik OK.
4. Bila nomor ID Anggota tidak ditemukan, maka akan tampil pesan: “ID 1000XXXXXXXX tidak ditemukan dalam database”. Bila hal ini terjadi, kemungkinan Nomor yang Anda ketikkan salah, atau Anggota tersebut salah mengingat no ID nya, untuk hal ini baca solusi: Saya sudah daftar sebagai anggota RealPOINT, tapi saya belum mendapatkan ID dan PIN eWallet saya. Bagaimana solusinya?
5. Bila Anggota ditemukan maka akan terlihat pesan sbb. Cocokkan apakah benar nomor telepon dalam pesan: “PIN Baru akan dikirimkan melalui SMS ke Nomor Handphone Klien yaitu 6281XXXXXXX”, adalah benar nomor telepon Anggota RealPOINT yang bersangkutan. Jika nomor telepon tidak sesuai, maka Anda perlu mengubah nomor teleponnya dengan cara seperti yang dijelaskan di: Bagaimana saya merubah profil (seperti Nama, telepon, dll) Anggota RealPOINT?
6. Bila Nomor telepon telah sesuai klik tombol “RESET PIN”, tunggu sampai pesan transaksi berhasil muncul. Setelah operasi ini, dalam maksimal 60menit, Anggota RealPOINT akan mendapatkan SMS ID dan nomor PINnya yang baru.
Catatan: Bila setelah mendapatkan SMS, Pelanggan RealPOINT tetap gagal mengakses eWalletnya, berarti pelanggan tersebut statusnya belum aktif. Untuk hal ini lakukan solusi di: Bagaimana saya melakukan Reaktivasi Anggota RealPOINT?.
18. Bagaimana saya merubah profil (seperti Nama, telepon, dll) Anggota RealPOINT?
Untuk merubah profil pelanggan RealPOINT, lakukan langkah sbb.
1. Baca terlebih dulu tentang: Syarat apa yang perlu anggota RealPOINT penuhi agar Anda dapat melakukan edit profil dan reset PIN.
2. Masuk (Login) ke Console eWallet DP Anda, caranya dapat anda baca di: Bagaimana cara mengakses Console eWallet DP?
3. Klik Menu Edit Profil, centang checkmark: “Ya, Saya bertanggung jawab bahwa operasi ini benar dilakukan Anggota JaringRitel yang identitasnya sudah Saya verifikasi kebenarannya.”, isi no ID Anggota RealPOINT, kemudian klik OK.
4. Bila nomor ID Anggota tidak ditemukan, maka akan tampil pesan: “ID 1000XXXXXXXX tidak ditemukan dalam database”. Bila hal ini terjadi, kemungkinan Nomor yang Anda ketikkan salah, atau Anggota tersebut salah mengingat no ID nya, untuk hal ini baca solusi: Saya sudah daftar sebagai anggota RealPOINT, tapi saya belum mendapatkan ID dan PIN eWallet saya. Bagaimana solusinya?
5. Bila Anggota ditemukan maka akan terlihat pesan seperti gambar di Bawah. Klik link Edit, untuk melakukan penyuntingan profil.
6. Sesuaikan data profil anggota RealPOINT, kemudian klik tombol “Ubah”, tunggu sampai pesan berhasilnya transaksi perubahan profil berhasil.
Catatan: Anda bisa mengubah profil semua anggota RealPOINT, termasuk yang HomeDPnya tidak menginduk ke DP Anda.
19. Bagaimana saya melakukan Reaktivasi Anggota RealPOINT?
Langkah ini hanya perlu dilakukan untuk anggota RealPOINT yang masuk ke dalam sistem iSHARC dengan sistem lama, sebelum tanggal 10 Desember 2010. Pada sistem yang lama, aktivasi akun hanya dilakukan bila Anggota RealPOINT membalas (reply) SMS aktivasi anggota RealPOINT, sehingga bila anggota RealPOINT tidak membalas SMS, maka statusnya akan non-aktif (menggantung).
Cara melakukan reaktivasi adalah sebagai berikut.
1. Masuk (Login) ke Console eWallet DP Anda, caranya dapat anda baca di: Bagaimana cara mengakses Console eWallet DP?
2. Klik Menu Reaktivasi
3. Bila Anda melihat pesan “Kosong”, berarti anggota RealPOINT yang Anda daftarkan sudah berhasil masuk ke dalam sistem iSHARC. Anda tidak perlu melakukan reaktivasi.
4. Bila masih ada anggota yang masih non-aktif maka Anda akan melihat tabel seperti gambar berikut.
5. Cocokkan no telepon pelanggan yang tertera sesuai dengan no telepon anggota yang sebenarnya. Jika nomor telepon tidak sesuai, maka Anda perlu mengubah nomor teleponnya dengan cara seperti yang dijelaskan di: Bagaimana saya merubah profil (seperti Nama, telepon, dll) Anggota RealPOINT?
6. Klik Link “AKTIFKAN”, kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.
Catatan: Anda hanya bisa mengaktifkan anggota RealPOINT nonaktif yang HomeDPnya menginduk ke DP Anda saja.
20. Anggota RealPOINT yang saya daftarkan belum mendapatkan SMS aktifasi, bagaiman solusinya?
Mudah, lakukan operasi Reset PIN, caranya baca: Bagaimana saya melakukan Reset PIN?
21. Terdapat Pesan : “Kosong” bila saya meng-klik menu Reaktivasi Console DP, apa artinya?
Hal ini berarti semua anggota RealPOINT yang Anda daftarkan sudah berhasil masuk ke dalam sistem iSHARC. Anda tidak perlu melakukan reaktivasi.
22. Anggota RealPOINT yang saya daftarkan belum mendapatkan SMS, Bagaimana solusinya?
Berikut adalah langkah yang perlu Anda lakukan.
1. Pastikan status anggota RealPOINT Anda telah aktif. Caranya baca di Bagaimana saya melakukan Reaktivasi Anggota RealPOINT?
2. Lakukan operasi Reset PIN. Caranya baca di Bagaimana saya melakukan Reset PIN?
23. Bagaimana cara mengetahui Nomor ID anggota RealPOINT yang baru saja saya daftarkan lewat iSHARC?
ID anggota RealPOINT ditentukan oleh sistem secara otomatis. ID ini dapat diketahui setelah anggota tersebut selasai Anda daftarkan lewat menu Administrasi – Pendaftaran Pelanggan Baru. Cara mengetahui ID Pendaftar setelah proses pendaftaran berhasil, adalah melalui menu Administrasi – Lihat Daftar Pelanggan.
24. Data daftar Pelanggan saya hilang dalam program iSHARC hilang, bagaimana solusinya?
Jangan khawatir jika daftar pelanggan Anda hilang. Hal ini terjadi jika file cache penyimpan data pelanggan di komputer Anda terkorupsi. Sistem iSAHRC masih dapat berfungsi normal tanpa data tersebut, karena data pelanggan yang sebenarnya sudah tersimpan di Server iSHARC pusat.
25. Dapatkah DP saya pindah daerah, dan menginduk ke DC lain?
Hal ini dapat dilakukan jika Manajemen RealPOINT menyetujui pemindahan DP Anda. Adapun syaratnya adalah Anda perlu mengosongkan inventori DP Anda.
26. Apakah ID DP saya akan berubah jika DP saya pindahkan ke daerah lain atau menginduk ke DC lain?
ID DP Anda tetap, tidak berubah.
D. Hal yang Berhubungan dengan Distribution Center
II. Daftar Istilah
A. Sponsor
Sponsor adalah orang yang mengajak Anda bergabung menjadi anggota RealPOINT
B. Upline
Sponsor Anda, Sponsor dari Sponsor Anda, dst. Garis Sponsorisasi di atas Anda.
C. Frontline
Anggota RealPOINT yang secara langsung Anda ajak bergabung.
D. Downline
Frontline Anda, Frontline dari Frontline Anda, dst. Orang yang masuk dalam jaringan bisnis Anda.
E. Referrer ID
Nomor ID RealPOINT sponsor Anda.
F. HomeDP
Distribution Point tempat Anggota RealPOINT mendaftar.
G. Point Terkonfirmasi
Point Terkonfirmasi adalah point yang telah masuk dalam akun eWallet Anda secara permanen. Jumlah point Terkonfirmasi sama seperti jumlah saldo jika Anda menabung di Bank. Jumlah Point Terknfirmasi adalah jumlah yang berhak Anda cairkan menjadi Rupiah ke rekening Bank Anda, atau Anda belanjakan menjadi barang-barang ritel di Distribution Point, atau anda belanjakan barang lewat eWallet.
H. Potensi Point
Potensi Point adalah hasil prediksi Point, berdasarkan perkembangan pembelanjaan dan penambahan jaringan Anda untuk periode berjalan. Point ini dapat naik dan turun sesuai dengan peringkat dan keadaan jaringan Anda. Sistem iSHARC secara periodik menghitung point ini. Point ini akan dibukukan menjadi Point Terkonfirmasi setelah tutup buku periode berjalan berakhir.
I. Point Total
Point Total adalah jumlah Point Terkonfirmasi dengan Potensi Point. Point ini yang terlihat di informasi Point sebelah kanan atas eWallet Anda.
0 comments:
Post a Comment